Mohon Tunggu ..

beranda / semarang / Kota Lama Semarang. Miniatur Belanda di Kota Lumpia
kota lama semarang

Kota Lama Semarang. Miniatur Belanda di Kota Lumpia

Ingin bernostalgia melintasi waktu mundur ke empat abad silam? datanglah ke kota Lama semarang.

Cikal bakal Kota dengan nuansa arsitektur Eropa yang megah ini bermula dari penandatanganan perjanjian antara Mataram dan Pihak VOC pada 15 Januari 1678 dengan inti perjanjian berupa penyerahan semarang kepada pihak VOC sebagai imbal jasa atas keberhasilan VOC membantu Mataram dalam menumpas pemberontakan Trunojoyo kala itu.

Dibawah kekuasaan VOC pembangunan kota lama dimulai dengan didirikannya benteng VOC bernama Vijfhoek sebagai pusat militer sekaligus tempat tinggal warga belanda yang bermukim di semarang. Seiring bertambahnya penghuni, Benteng Vijhoek mulai tidak mencukupi dan akhirnya dibongkar digantikan benteng baru yang mengelilingi seluruh area Kota Lama. Itulah asal mula mengapa Kota Lama semarang juga dijuluki “Little Netherland”, sebuah miniatur Belanda di semarang.

Bangunan-bangunan yang masih bisa dijumpai di kota Lama semarang beberapa diantaranya seperti Gereja  Blenduk, Jembatan Mberok, Bank Export Import Indonesia, Kantor Gabungan Koperasi Batik Indonesia, Susteran Ordo Fransiskan, dan masih banyak lagi.